Pages

Saturday, June 21, 2014

Peranan Biologi dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari

Tidak dapat diragukan lagi, peranan biologi dalam kehidupan manusia sehari-hari sangat penting untuk menjaga kualitas hidup dan kehidupan manusia. Penemuan-penemuan dari hasil penelitian dan eksperimen para ilmuwan dalam bidang biologi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia sehari-hari. Penyalahgunaan hasil penelitian untuk tujuan kejahatan sangat dilarang, misalnya virus atau bakteri yang digunakan manusia untuk membuat senjata biologi, karena dapat merugikan kehidupan umat manusia. perkembangan  biologi saat ini telah banyak ikut serta menyumbang berbagai usaha menyejahterakan kehidupan manusia sehari-hari dalam berbagai bidang.

Peranan Biologi dalam Kehidupan sehari-hari
Peranan Biologi dalam Kehidupan Manusia
Peranan biologi dalam kehidupan sehari-hari beserta contoh-contohnya :
  1. Bidang kedokteran, contohnya teknik bayi tabung, metode keluarga berencana (KB), pencangkokan organ tubuh, bedah plastik, dan terapi gen.
  2. Bidang farmasi, contohnya pembuatan vitamin sintetik, vaksin, antibodi monoklonal, hormon insulin buatan, enzim-enzim buatan, antibiotik untuk bakteri dan jamur, serta obat-obatan tradisional dan modern.
  3. Bidang teknologi pangan, contohnya pembuatan keju, sosis, kecap, tapai, tempe, oncom, tauco, sarde, nata de coco, yoghurt, makanan suplemen, PST (Protein Sel Tunggal), dan teknologi pengawatan makanan.
  4. Bidang pertanian, contohnya penemuan bibit ungul, tanaman transgenik(tanaman hasil rekayasa genetika), teknologi hidroponik, kultur jaringan, dan pemandulan hama.
  5. Bidang peternakan, contohnya inseminasi buatan (kawin suntik), kloning untuk hewan, ayam petelur tanpa dibuahi pejantan, dan hewan ternak yang bermutu unggul lainnya (memproduksi susu, daging, dan telur berkualitas tinggi).
  6. Bidang perikanan, contohnya budidaya kerang penghasil mutiara, budidaya udang windu, dan budidaya ikan hias
  7. Bidang industri, contohnya teknik pemisahan logam dari bijihnya dengan menggunakan bakteri.
  8. Bidang pengololaan lingkungan hidup, contohnya pengolahan limbah dengan menggunakan mikroorganisme, menguraikan tumpahan minyak di laut dan plastik dengan bakteri dan lain sebagainya.

Peranan Biologi dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari
Transplantasi organ tubuh

No comments:

Post a Comment

Lihat Juga

Pengertian Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme

Pengertian Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme - Metabolisme (bahasa Yunani, metabole = berubah) adalah reaksi-reaksi kimiawi untu...

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "