Pages

Wednesday, June 25, 2014

Jaring-Jaring makanan


Jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari rantai-rantai makanan yang saling berhubungan dan kompleks. Di dalam suatu ekositem, sebuah rantai makanan saling berkaitan satu sama lain dengan rantai makanan lainnya. Semakin kompleks jaring-jaring makanan yang terbentuk, akan semakin tinggi tingkat kestabilan ekosistem, suatu rantai makanan tidak boleh terputus akibat salah satu atau beberapa organisme musnah.

Pada tingkat trofik yang pertama adalah organisme yang dapat menghasilkan zat makanan sendiri yaitu tumbuhan hijau atau organisme autotrof. Organisme yang menduduki tingkat tropik yang ke-2 disebut juga dengan konsumen primer (konsumen I). Konsumen I biasanya diduduki oleh hewan herbivora (pemakan tumbuhan) misalnya belalang, ulat, dan tikus. Organisme yang menduduki tingkat tropik ke-3 disebut konsumen sekunder (Konsumen II), diduduki oleh  hewan carnivora (pemakan daging) misalnya harimau, buaya, dan katak. Organisme yang menduduki tingkat tropik paling tinggi disebut konsumen puncak.

No comments:

Post a Comment

Lihat Juga

Jelaskan mekanisme konjugasi pada Spirogyra

Konjugasi adalah salah satu bentuk reproduksi seksual yang ditemukan pada Spirogyra, yang merupakan salah satu jenis ganggang hijau filamen ...

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "