Pages

Saturday, March 3, 2018

Pengertian Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme

Pengertian Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme - Metabolisme (bahasa Yunani, metabole = berubah) adalah reaksi-reaksi kimiawi untuk mengubah zat-zat yang menghasilkan energi maupun memerlukan energi yang terjadi di dalam sel-sel tubuh. Proses metabolisme dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu katabolisme dan anabolisme. Katabolisme adalah reaksi pemecahan / pembongkaran senyawa kimia kompleks yang memiliki energi tinggi menjadi senyawa sederhana yang memiliki energi lebih rendah. Tujuan utama katabolisme adalah untuk melepaskan energi yang terkandung di dalam senyawa sumber. Jika pembongkaran suatu zat dalam lingkungan cukup oksigen (aerob) disebut proses respirad, jika dalam lingkungan tanpa oksigen (anaerob) disebut fermentasi. Sedangkan Anabolisme merupakan suatu peristiwa perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks dan memerlukan energi. Nama lain dari prosess ini adalah peristiwa sintesis atau penyusunan. 

Proses metabolisme, baik katabolisme ataupun anabolisme melibatkan sejumlah enzim dan ATP (adenosine triphosphate). Enzim diperlukan sebagai katalisator untuk mempercepat terjadinya reaksi. Setiap reaksi memerlukan enzim-enzim yang spesifik. Sementara itu, ATP diperukan sebagai penyedia energi untuk berlangsungnya reaksi.

No comments:

Post a Comment

Lihat Juga

Pengertian Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme

Pengertian Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme - Metabolisme (bahasa Yunani, metabole = berubah) adalah reaksi-reaksi kimiawi untu...

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "