Pages

Wednesday, July 9, 2014

Pengertian Lingkungan Hidup dan Pencemaran

Lingkungan hidup merpakan kesatuan ruang dengan semua benda, keadaan, daya, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Lingkungan memiliki fungsi untuk menyediakan sumber daya alam yang dibutuhkan manusia untuk menunjang kehidupannya. Namun berbagai aktivitas manusia yang menghasilkan limbah sebagian besar tidak dikelola dengan baik dan dibuang ke lingkungan secara sembarangan.
Limbah merupakan sisa suatu usaha dan atau kegiatan. Terkadang limbah tersebut dapat mengancam kesehatan dan membahayakan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, energi, zat, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan yang dilakukan manusia sehingga kualitas lingkungan menjadi turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Bahan penyebab pencemaran disebut dengan polutan. Suatu lingkungan dikatakan tercemar jika kadar polutan di lingkungan tersebut telah melebihi ambang batas sehingga menyebabkan turunnya kualitas atau daya dukung lingkungan dan terganggunya aktivitas kehidupan makhluk hidup.

No comments:

Post a Comment

Lihat Juga

Pengertian Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme

Pengertian Metabolisme, Katabolisme, dan Anabolisme - Metabolisme (bahasa Yunani, metabole = berubah) adalah reaksi-reaksi kimiawi untu...

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "